Rabu, 26 Desember 2018

Menginap di bandara DMK (Don mueang) Bangkok

Kenapa menginap di Bandara? ada beberapa alasan sih biasanya kenapa orang-orang lebih memilih menginap di Bandara darpada menyewa hotel atau penginapan.
Kalau aku, yang pertama karena besok pagi ada penerbangan ke Hatyai (salah satu kota di Thailand) dan jarak bandara dari downtown Bangkok lumayan jauh,  daripada menanggung resiko ketinggalan penerbangan, lebih baik nginep di Bandara dengan fasilitas seadanya.
yang kedua tentu saja pilihan menginap di bandara menyangkut prinsip backpacker yang kudu mementingkan kehematan. Daripada tidur nyaman dikasur empuk hotel, membayar sewa, tapi resiko tinggi ketinggalan pesawat, aku rasa pilihan tidur di bandara adalah yang paling tepat.
Ini bukan kali pertama buatku menginap di Bandara, aku juga pernah beberapa kali menginap di bandara KLIA2 Kuala lumpur, dan di Bandara Than sho nath, Ho chi minh city Vietnam.
Bandara DMK lumayan luas, 3 lantai. Kami tiba di DMK malam hari sekitar jam 23.00 waktu setempat setelah menaiki bis A4 dari khaosan road. dan benar saja, dari khaosan road ke bandara memutuhkan waktu leih dari 1 jam perjalanan.  Penerbangan kami masuk ke penerbangan domestik, jadi saat tiba di bandara kami langsung ke arah domestiic departure (ke arah kanan dari pintu masuk). Dari arah pintu masuk setelah turun dari bis A4, berjalanlah lurus tanpa naik eskalator ke arah keberangkatan domestik. melewati counter check in air asia, disekitar ini juga banyak kursi tunggu yang berjejer tapi menurutku kurang nyaman dijadikan tempat tidur karna letaknya yang yang dekat dengan pintu masuk, dan lalu larang orang disitu lumayan rame jadi bakalan sedikit risih jika kalian tiduran disitu. Spot tidur yang aku maksud ini bukannya berupa karpet tebal yang bisa kalian buat guling-guling gitu ya hehehe
Gambarnya aku cantumin di bawah.

Spot ini merupakan deretan kursi tunggu penumpang yang lumayan lah buat merebahkan diri beberapa jam. tempatnya lumayan sepi saat kami sampai disana. Hanya ada beberapa orang yang sudah siap dengan posisi berbaring miring di deretan kursi sebelah. Tapi beberapa jam kemudian semua kursi hampir terisi dengan orang-orang yang juga memilih 'tidur' di bandara seperti kami. Spot ini strategis, dekat dengan toilet dan ada tempat buat charge hp gratis.
Saranku, kalau kalian berencana menginap di DMK, bawalah selimut ringan atau jaket karna semakin malam tempat ini makin dingiiin. karna aku sudah merencanakan menginap di bandara DMK jadi sudah siap sedia selimut(red: sarung bali) biar gak kedinginan. Hati-hati dengan barang bawaan juga ya...taruh dokumen penting seperti uang, paspor dan kartu2 ditempat aman sebelum terlelap. Kalau aku biasanya bawa 2 tas selempang(sling bag sama waist bag yang nempel di badan kita) waist bag berguna banget buat naruh dokumen penting saat menginap di bandara biar lebih aman. nanti aku share gambarnya dibawah ya.. harganya cuma 20ribu, aku belinya di shopee (ukan promosi hehe)

Kalau kalian lapar, di bandara ada foodcourt yang buka 24 jam, ada di lantai 3. dan bagi yang muslim tenang saja, di food court saya sempat melihat ada satu restoran halal.
Ah iya, di DMK juga ada musholla(prayer room) yang bagus dan nyaman. tapi tidak boleh tidur di musholla ya...karna musholla nya dibuka dari jam 4 pagi sampai jam 23 untuk menghindari ada yang sengaja tidur disana. Di toilet bandara semuanya toilet kering alias apa-apa kudu pake tissue, kecuali di musholla ini (Alhamdulillah banget kan ). Mushollanya luas, nyaman dan bersih. tempat sholat cowok dan cewek terpisah, di musholla disediakan mukenah yang juga bersih.
letak prayer roomnya di arah keberangkatan domestik(sebelum counter check in air asia), di seberangnya outlet minuman Cha tra mue, pas didekatnya outlet simcard. Papan petunjuknya jelas banget kok, jadi kalian bakalan mudah menemukan letak prayer room nya.
Usai sholat subuh kami langsung bergegas menuju keberangkatan domestik menuju Hatyai... see you Bangkok..

jika ingin bertanya silahkan tinggalkan kometar kalian di bawah ya.. atau bisa dm aku di IG @ismiasiseh. Semoga infonya bermanfaat.